Di waktu sekarang ini kita perlu memproteksi diri dengan cara menggunakan masker. Agar, daya tahan tubuh dapat bertahan dengan maksimal, diantaranya adalah dengan menggunakan masker kain. Karena, masker kain mudah didapatkan. Namun, ada beberapa hal yang perlu diingat salah satunya adalah daya tahan masker kain. Masker kain sebaiknya tidak digunakan lebih dari 4 jam.

Alasan mengapa masker kain tidak boleh digunakan lebih dari 4 jam. Mengapa? Karena masker kain sendiri kurang efektif bila dibandingkan dengan masker N95 atau masker medis dalam filtrasi udara. Lalu, dari segi bahan yang dipakai, masker kain umumnya dibuat dari bahan yang mudah menyerap air, hal ini berbeda dengan masker N95 dan masker medis yang bagian luarnya kedap air. Hal tersebut yang membuat droplet dari pengidap covid-19 bisa terserap dan lebih lama bertahan pada masker kain.

Tata Cara Agar Penggunaan Masker Kain Efektif

Meskipun masker kain kurang efektif dibandingkan masker medis[Masker Medis] atau masker N95 dalam pencegahan penyebaran virus. Namun, penggunaan masker kain dinilai lebih baik dibandingkan tidak menggunakan masker sama sekali. Asalkan, penggunaannya benar, selain tidak menggunakan masker kain lebih dari 4 jam berikut adalah tata cara penggunaan masker kain agar lebih efektif :

  1. Gunakan masker kain yang bisa disesuaikan dengan ukuran wajah, agar bisa melindungi dengan baik.
  2. Pastikan cuci tangan sebelum menggunakan masker, lalu gunakan masker dengan mengaitkan tali masker pada telinga atau mengaitkannya ke belakang kepala dengan erat.
  3. Jangan sampai menyentuh masker saat sedang dipakai. Bila ingin memperbaiki posisi masker harap untuk mencuci tangan terlebih dahulu.
  4. Setelah digunakan, lepas masker dengan memegang tali atau pengerat. Lalu, cuci segera masker kain dengan air bersih dan gunakan deterjen atau masukan masker ke air mendidih dengan suhu minimal 130°
  5. Harap untuk mengganti masker kain dengan yang baru bila masker telah rusak atau sobek.

Akan tetapi lebih disarankan menggunakan masker medis. Terutama masker medis yang telah melalui uji standarisasi sehingga memiliki kualitas filtrasi dan keamanan yang tinggi. Adapun, masker tersebut adalah masker medis Halei.

Masker Halei diproduksi menggunakan bahan baku pilihan, diproses dengan teknologi terkini oleh tenaga ahli berpengalaman. Kami berusaha menghasilkan masker berkualitas tinggi, efektif, nyaman, kuat dan tahan lama untuk Indonesia. Masker Halei digunakan untuk mengurangi risiko perpindahan mikroorganisme antar manusia. Masker berfungsi dengan melindungi saluran pernapasan dari debu, asap, kuman, cairan, dan partikel mikro lainnya. Masker Halei diproduksi oleh PT Saraswanti Paper Indah, yang didukung oleh Penelitian dan Pengembangan Laboratorium Saraswanti.